Cara Menghapus Virus Iklan di Komputer atau Browser Kita

Cara Menghapus Virus Iklan di Komputer atau Browser Kita

Cara Menghapus Virus Iklan di Komputer atau Browser Kita - Pernah tidak ketika kamu lagi asyiknya browsing tiba-tiba muncul iklan-iklan tidak penting yang cukup mengganggu? Inilah yang disebut dengan Adware atau virus iklan, cukup menyebalkan memang karena ketika adware berhasil menginfeksi perangkat kita maka akan muncul iklan dimana-mana.

Adware adalah semacam program yang menginstall dirinya sendiri kedalam sistem tanpa di ketahui oleh pengguna komputer tersebut.

Adware awalnya hanya sebuah alat promosi yang di sediakan oleh beberapa Ad Provider yang berbasis PPC ( Pay per Click) tapi seiring perkembangan jaman Adware perlahan-lahan berubah menjadi sebuah virus Spyware dimana saat komputer kita terkoneksi dengan internet, data pribadi kita akan dikirim ke sang hacker tanpa kita ketahui.

Virus Adware sering kali menyamarkan process-nya pada suatu sistem, kalau kita cek Task Manager dia akan menyamarkan diri sebagai file sistem sehingga kita tidak akan berani untuk End process adware tersebut.

Adware yang asli sebenarnya tidak berbahaya paling hanya menganggu kelancaran browsing saja tapi apa yang terjadi jika yang kalian install adalah adware palsu?

Macam Macam Adware 


1. Mobogenie
Mobogenie awalnya hanya sebuah software yang berguna untuk memindahkan data dari android ke PC dan fitur lainnya (bisa cari di google).

Tapi akhir-akhir ini banyak sekali Mobogenie "palsu" hasil modifikasi hacker yang mengakibatkan software ini berubah menjadi Spyware yang tidak terdeteksi.

2. Open Candy
Open Candy sebenarnya bukanlah spyware atau adware, Open Candy adalah software yang digunakan untuk mempromosikan sebuah program yang telah di submit oleh banyak user.

Tapi yang bahaya dari software ini adalah tidak semua program yang di rekomendasikan software itu terjamin keasliannya, banyak kasus di internet yang protes karena komputer mereka penuh dengan Spyware yang juga bersifat seperti virus Worm.

Dimana kalau di hapus dia akan menduplikatkan dirinya sendiri dan yang lebih mencengangkan lagi Open Candy bisa terinstall otomatis kalau kalian menginstall Avast! Free Antivirus jadi kalian harus lebih berhati-hati.

3. Ask Toolbar
Ask Toolbar sebenarnya adalah official add ons dari website terkenal yaitu Ask.com yaitu sebuah website yang di khususkan untuk tanya jawab.

Ask toolbar ini sebenarnya di kategorikan sebagai adware yang tidak berbahaya tapi mulai beredar versi modifikasi hacker untuk add ons ini dimana akan mengambil semua data yang ada di browser kita

4. Babylon Toolbar
Babylon adalah sebuah software translator bahasa asing menggunakan online directory yang di sediakan oleh pembuat babylon tersebut.

Tapi pada tahun 2010 Microsoft mengumumkan bahwa Babylon Toolbar adalah sebuah virus Browser Hijacker dimana sang pencipta bisa melihat semua data yang telah kita masukan di internet.

5. Registry Booster
Yang pertama kali melintas di kepala kita pasti software ini akan membetulkan registry error dan mempercepat peforma komputer, tapi itu salah besar!

Registry Booster yang satu ini akan memasang logger di sistem pc kita lalu saat terkoneksi dengan internet data yang telah kita save akan dikirim kan ke sang hacker.

Baca juga : Cara Jitu Melacak dan Mengunci Laptop yang Hilang

Itu hanya beberapa macam adware saja yang saya sebutkan dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Adware biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti saat install software atau ketika memasang ekstension di browser.

Iklan yang ditampilkan juga tidak hanya menempel, tetapi terkadang dalam bentuk iklan pop-up sehingga banyak pengguna browser mencari cara menghilangkan popup otomatis di browser, pc maupun Laptop miliknya.

Berikut ini Cara Menghilangkan Iklan di Browser Internet atau Laptop Kamu :

  1. Gunakan AdwCleaner, kamu bisa sedot AdwCleaner di Sini.
  2. Install AdwCleaner seperti biasa, pilih I Agree.
     
    AdwCleaner
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses penyedotan selesai. Jalankan AdwCleaner lalu pilih Scan.
     
    AdwCleaner
  4. Tutup semua Aplikasi yang sedang digunakan. Akan muncul daftar registry, hapus yang menurut kamu tidak kamu gunakan dengan tombol Cleaning.
     
    AdwCleaner
  5. Setelah selesai, Komputer akan restart lalu ketika masuk kembali ke desktop akan muncul laporan hasil pembersihan Adware yang dilakukan oleh AdwCleaner.

Itulah Cara Menghapus Virus Iklan di Komputer atau Browser Kita, Mudah bukan? Jadi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dan bisa lebih tenang dalam melakukan aktivitas internet/browsing kita tanpa adanya pengganggu.

Semoga bermanfaat.

Referensi : Jalantikus.com & Kaskus

Subscribe to receive free email updates: