Sinyal Smartphone Kamu Suka Naik Turun? Atasi Dengan Cara ini!



Sinyal Smartphone Kamu Suka Naik Turun

Sinyal Smartphone Kamu Suka Naik Turun? Atasi Dengan Cara ini! Terkadang disaat kita sedang menelpon seseorang tiba-tiba suaranya hilang atau bahkan terputus dikarenakan sinyal yang kurang stabil/naik turun. Lagi asyik-asyiknya browsing dan menonton video di youtube malah video nya jadi cuma muter-muter doang, hal ini tentu akan membuat kita kesal.

Lemahnya sinyal yang ditangkap oleh smartphone kita memang akan mempengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri, untuk mengatasinya coba lah ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Membuat Peta Sinyal
  • Seandainya Anda sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik yang lain di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta. Dengan cara demikian, mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

2. Memanfaatkan Fitur Airplane Mode
  • Aktifkan Airplane Mode selama 3 detik, lalu matikan kembali. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Kamu gunakan. Selain itu bisa saja smartphone Kamu akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima akan lebih kuat.

3. Buka Ventilasi Udara atau Jendela
  • Bila berada di dalam rumah dan suara putus-putus saat menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya. Cara inilah yang sering saya lakukan karena memang lokasi rumah yang ada didaerah pegunungan sangat tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinyal secara full. Seandainya itu terjadi ketika menelepon dari dalam mobil. Lakukan hal yang sama, bukalah jendela terdekat. Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa ditangkap oleh smartphone tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.
4. Cek Status Baterai
  • Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit. Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memerlukan banyak daya. Kalau ternyata masalah sinyal ini disebabkan baterai tinggal sedikit, cukup charge saja dan semuanya akan selesai.

5. Mendekat ke Pemancar Sinyal
  • Untuk Kamu pengguna smartphone android kamu bisa download terlebih dahulu aplikasi OpenSignal di Play Store! untuk mengecek ada berapa menara pemancar sinyal didekatmu. Cobalah cari pemancar terdekat dan berjalanlah mendekat ke arahnya, dengan demikian kamu bisa mendapat sinyal yang lebih kuat.

Cobalah 5 langkah diatas apabila Sinyal Smartphone Kamu Suka Naik Turun sehingga aktifitas telpon/internet kamu tidak terganggu.

Semoga Bermanfaat.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *