8 Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Habis



8 Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Habis

8 Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Habis ➥ Saat ini smartphone seperti sudah menjadi barang wajib yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, selain sebagai alat komunikasi baik telpon maupun sms, smartphone juga digunakan sebagai alat untuk foto, mendengarkan musik, internetan dan berbagai kegiatan lainnya.

Padatnya aktifitas ini akan berdampak pada daya baterai smartphone tersebut, jika kita tidak benar-benar cerdas dalam menggunakannya lama kelamaan baterai akan cepat boros. Kalau baterai sudah mulai boros tentu akan sangat mengganggu, bentar-bentar harus di-charge atau ganti baterai. Sangat merepotkan bukan?

Lalu bagaimana cara untuk menghemat daya baterai agar tetap awet dan tahan lama walau digunakan setiap hari? Berikut adalah 8 cara untuk menghemat daya baterai smartphone agar tidak cepat habis yang bisa diterapkan di smartphone kamu :

1. Matikan Feature Sinyal 4G
Sinyal 4G memang memberikan koneksi yang lebih cepat, namun di lain sisi konsumsi baterai juga menjadi lebih banyak. Apalagi bila sedang berada di daerah pelosok, smartphone kita akan berusaha mencari sinyal 4G yang mengakibatkan baterai terkuras dan cepat habis. Maka jika memang tidak benar-benar membutuhkan akan lebih baik sinyal di setting pada posisi 3G, EDGE atau bahkan GPRS saja.

2. Jangan Lupa Bawa Power Bank
Siapkan charger portabel (Power Bank) untuk mengisi baterai di saat tidak ada sumber daya. Karena padatnya aktifitas kadang kita bisa tidak sadar kalau daya baterai smartphone sudah low-bat atau bahkan telah habis.

3. Kurangi Kecerahan Layar
Kecerahan layar yang tinggi sangat menguras baterai. Jadi lebih baik turunkan tingkat kecerahan lampu layar, walau akan sedikit sulit melihat layar namun baterai akan jauh lebih hemat.

4. Hindari Main Game
Bermain game artinya smartphone akan bekerja dengan berat dan cepat panas. Sebagai gantinya kamu bisa gunakan untuk mendengarkan lagu di smartphone, karena hal ini tidak akan begitu membuat baterai cepat panas atau habis.

5. Aktifkan Sleep Mode
Fitur ini berfungsi untuk mematikan internet secara otomatis apabila sudah tidak dipakai lagi, karena akses internet yang terus menerus juga akan menguras daya baterai smartphone.

6. Aktifkan Fitur Penghemat
Baterai Beberapa smartphone dilengkapi dengan mode hemat daya biasanya disebut dengan fitur Power Saver. Fitur ini berfungsi secara otomatis untuk mematikan beberapa fitur (GPS, WiFi, NFC, mobile data, dan lainnya) ketika kondisi baterai sudah mulai minim. Tujuannya agar dengan sisa kapasitas yang ada, baterai bisa bertahan lebih lama.

7. Matikan Smartphone Ketika Tidak Dibutuhkan
Jika sedang dalam perjalanan jauh dan kira-kira akan tertidur, lebih baik matikan gadget smartphone kamu.

8. Hapus Aplikasi yang tidak Digunakan
Selain akan memakan RAM, juga akan menguras kinerja processor yang akhirnya akan membuat baterai menjadi boros dan cepat habis. Jadi sebaiknya kita bijak dalam menggunakan aplikasi yang kita gunakan, cukup instal aplikasi yang memang benar-benar diperlukan dan hapus aplikasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau jarang digunakan di smartphone kita.

Kedelapan cara diatas sangat cocok untuk kamu yang ingin baterai smartphone-nya tetap awet dan tidak cepat habis ketika sedang digunakan. Jangan pernah tunggu sampai baterai menjadi boros karena akan sangat merepotkan jika harus bolak-balik di-charge apalagi kalau sampai harus ganti baterai siap-siap keluar uang pastinya. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *