Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Rusak



Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Rusak

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memperbaiki cartridge printer yang rusak. Cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki cartridge yang error pada cartridge printer Canon, yang mana cartridge-nya antara head-chip-inktank gabung jadi satu.

Antara lain seperti tipe:
  • Cartridge PG 40 & CL 41
  • Cartridge PG 810 & CL 811
  • Cartridge PG 830 & CL 831
Ada berbagai gejala dan penyebab cartridge mengalami kerusakan. Namun, umumnya kerusakan yang terjadi pada cartridge berupa rusak chip cartridge dan rusak head cartridge, dan berikut adalah penyebab dan cara memperbaiki cartridge printer yang rusak :

A. Chip cartridge printer mengalami kerusakan


Chip yang mengalami kerusakan umumnya ditandai dengan munculnya pesan error pada komputer, seperti cartridge belum terpasang, not compatible, atau unrecognized cartridge, yang pada intinya cartridge mengalami kerusakan.

1. Penyebab chip cartridge printer rusak diantaranya yaitu :
  • Kotoran yang menempel pada konektor chip cartridge
  • Kelebihan muatan arus akibat dari tegangan listrik yang tak stabil
  • Konsleting pada konektor sebagai akibat dari terkena (misalnya tinta)
  • Kerusakan yang terjadi akibat dari cartridge itu sendiri

2. Tips memperbaiki chip cartridge printer :

  • Chip kotor: bersihkan dengan memakai cairan alkohol, usapkan dengan menggunakan tisu di bagian konektor chip yang terdapat kotoran.
  • Chip rusak: berdasarkan referensi artikel ini, cara ini bisa berhasil dan bisa juga tidak. Cara memperbaikinya yakni dengan memanaskan konektor chip dengan memakai ujung solder. Pakai solder yang memiliki ujung lancip kemudian panaskan solder dengan panas sedang.


B. Head cartridge printer rusak


1. Penyebab head cartridge printer rusak

  • Debu atau kotoran yang masuk ke cartridge dan bercampur dengan masuknya tinta, sehingga dapat menimbulkan penyumbatan pada lubang-lubang head (nozzle).
  • Tinta mengering sehingga jalannya tinta ketika dipakai untuk proses mencetak mengalami penyumbatan.
  • Ujung head tergores karena bergesekan atau benturan dengan benda yang lebih keras. Ukuran diameter head cartridge sangat kecil, sehingga jika ujung head cartridge mengalami gesekan atau benturan benda keras bisa rusak dengan mudah.
  • Panas yang berlebihan karena head cartridge yang terus-terusan digunakan untuk mencetak tanpa istirahat.


2. Tips memperbaiki head cartridge printer

Head cartridge yang mengalami kerusakan masih bisa dibetulkan. Jika head cartridge mengalami penyumbatan akibat kotoran yang bercampur dengan tinta atau tinta yang telah mengering, cara memperbaikinya tergantung pada kondisi rusaknya head cartridge, muali dari kerusakan yang ringan hingga yang berat. Gejala head cartridge yang tersumbat berupa tinta tidak keluar dengan lancar ketika mencetak.

  • Penyumbatan ringan
Lakukan proses cleaning dengan memakai software bawaan printer. Jika cara ini masih belum membantu, lakukan proses deep cleaning dengan memakai software bawaan printer.

  • Penyumbatan sedang
Untuk mengatasi penyumbatan sedang bisa memakai alat yang dianmakan toolkit penyedot cartridge. Caranya cukup sederhana, yakni dengan memasang cartridge yang bermasalah pada toolkit lalu menyedotnya dengan memakai suntikan.

  • Penyumbatan berat
Untuk mengatasi kerusakan head cartridge berupa penyumbatan berat bisa dengan cara merendam head cartridge dengan memakai cairan cleaner, yang tentunya bukan dengan menggunakan sembarang cairan cleaner. Ketika merendam usahakan chip cartridge jangan sampai kena. Lama waktu perendaman tergantung pada tingkat kerusakan pada penyumbatan head cartridge (bisa seperempat jam, satu jam, bahkan hingga sehari). Lalu padukan juga dengan memakai toolkit penyedot cartridge.

  • Penyumbatan ekstra berat
Gunakan printer Canon (yang sudah rusak/tidak digunakan) yang dimodif dan diambil fungsi vakumnya. Vakum ini yang digunakan untuk membersihkan penyumatan yang terjadi pada cartridge. Prinsip kerjanya yaitu dengan membuat sirkulasi aliran menggunakan vakum printer Canon bekas yang telah dimodifikasi. Membuat aliran sirkulasi di sini adalah dengan memanfaatkan cairan pembersih.

Itu tadi adalah beberapa penyebab dan cara memperbaiki cartridge printer yang rusak. Akan lebih baik jika kita selalu merawat printer secara keseluruhan dan rutin sehingga kondisi setiap bagiannya akan selalu awet dan terjaga, termasuk cartridge-nya.

Baiklah semoga apa yang saya bahas pada artikel kali ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *