Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer Agar Tidak Lemot



Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer Agar Tidak Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer Agar Tidak Lemot - Sangat membuat frustasi ketika kita bekerja dengan komputer yang berkinerja lambat. Ketika masih baru, komputer bekerja sangat baik. Tetapi seiring waktu, kinerjanya perlahan-lahan dapat mulai memburuk. Hal ini terjadi karena beberapa alasan, tetapi penyebab utamanya adalah ancaman virus, spyware, adware yang tanpa disadari didownload bersama dengan konten lain saat online internet. Anda tidak perlu men-download ribuan MP3, film atau materi lain untuk mengalami masalah ini. Tidak ada yang kebal terhadap mereka.

Namun Anda jangan khawatir. Ada banyak teknik dan cara yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya lebih baik. Berikut tips cara mempercepat kinerja laptop atau komputer yang Anda dapat gunakan agar tidak lemot :

1. Bersihkan Windows Registry Komputer Anda

Penyebab terbesar lambat kinerja komputer adalah kesalahan dan masalah dalam registri Windows-nya. Adware, spyware, dan ancaman lainnya biasanya menyerang registri, merusak tempat menyimpan file-file penting di dalamnya. Ketika Anda akan membersihkan komputer, pembersihan registri Windows harian sebaiknya di bagian atas daftar prioritas Anda.

Namun, hal ini tidak boleh dilakukan secara manual karena ada terlalu banyak kesempatan untuk melakukan kesalahan besar yang serius yang bisa merusak sistem operasi Komputer Anda. Sebaiknya Anda berinvestasi dalam program pembersihan registry Windows berkualitas tinggi dan mengkonfigurasinya untuk dijalankan setiap hari. Anda tidak akan percaya bahwa hal ini dapat membuat perubahan drastis pada kecepatan kinerja komputer Anda.

2. Hapus File yang tidak dibutuhkan

Setiap kali Anda log on ke Internet atau menggunakan komputer Anda, file-file sementara akan dihasilkan. File-file ini biasanya hanya dibutuhkan satu kali, namun tidak menghilang dengan sendiri. Sebaliknya, mereka akan terus menumpuk dari waktu ke waktu sampai mengacaukan sistem file komputer Anda dan tentu saja akan mempengaruhi kinerjanya. Hapuslah file-file ini sekitar satu kali per minggu untuk menjaga komputer Anda tetap bersih yang akan membantu mempercepat kinerja komputer Anda.

3. Scan dan Hapus Virus, Adware, dan Spyware

Malware apapun terutama untuk merusak sistem komputer dan menggunakan sampai sebagian besar dari sumber daya sistem yang penting. Jadi pastikan bahwa Anda selalu mengupdate program anti-viru komputer Anda dan secara berkala scan sistem komputer untuk kemungkinan ancaman. Hal ini dapat benar-benar frustasi untuk menghapus malware jadi jika Anda memiliki akses ke Internet dan bahkan jika Anda hanya menghabiskan sedikit waktu menggunakan internet, Anda perlu scan dan menghapus malware dalam sistem komputer Anda.

4. Hapus Program yang tidak dibutuhkan

Seperti banyak orang, Anda mungkin men-download dan mencoba berbagai program yang berbeda setiap bulan. Berapa banyak dari program ini yang benar-benar Anda gunakan secara teratur? Kemungkinannya adalah, hanya sedikit. Dengan membiasakan menguninstall program yang tidak terpakai dan tidak dibutuhkan, Anda dapat membuat file sistem komputer Anda jauh lebih rapi dan teratur. Pada gilirannya, kinerja komputer Anda akan meningkat secara dramatis.

Anda dapat mengoptimalkan komputer Anda dengan cara ini dengan menggunakan fitur Add/Remove Programs. Lokasinya bervariasi oleh sistem operasi, tetapi Anda harus dapat menemukannya di suatu tempat di Control Panel.

5. Kosongkan Recycle Bin

Ketika Anda mengklik "Delete" pada file atau program, hal itu tidak terhapus secara permanen. Sebaliknya, file atau program ini tersimpan dalam Recycle Bin komputer Anda. Seiring dengan menumpuknya file ini di Recycle Bin, komputer Anda mulai menunjukkan beberapa masalah yang sangat menjengkelkan.

Jika startups lamban dan sering crash yang terjadi dengan frekuensi yang meningkat dan recycle bin sangat penuh, segera kosongkan. Sejak saat itu, biasakan untuk melakukannya sekitar satu kali per minggu. Strategi ini sangat sederhana tapi penting dapat membuat perbedaan besar pada kinerja komputer Anda.

6. Defragment Hard Disk Drive Anda

Cara lain yang baik untuk mempercepat kinerja komputer, adalah dengan melakukan defragment hard disk Anda. Seiring dengan hari berlalu, setiap kali Anda menggunakan komputer Anda, semua data dan informasi dalam komputer Anda menjadi tersebar di hard drive.

Masuk ke Start Menu, kemudian pilih All Programs, klik Accessories, kemudian System Tools, dan kemudian Disk Defragmenter. Hal ini dapat meningkatkan dan membuat sebagian besar dari hard drive Anda dan mereorganisasi semua file komputer Anda untuk mendapatkan akses yang mudah dan cepat.

7. Restart Komputer

Me­restart komputer atau laptop akan membantu khususnya jika Anda meninggalkan komputer dalam keadaan hidup atau tidur semalaman atau jika komputer Anda mulai bekerja pelan.

Itu tadi adalah beberapa cara mempercepat kinerja laptop atau komputer agar tidak lemot yang bisa anda coba dan praktekan. Semoga laptop atau komputer anda tetap berfungsi maksimal dan tidak mengganggu aktifitas pekerjaan Anda.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *