Cara Menghilangkan Virus Di Laptop Atau Komputer



Cara Menghilangkan Virus Di Laptop

Cara Menghilangkan Virus Di Laptop Atau Komputer - Sebuah virus komputer dapat menjadi sulit dihapus atau diperbaiki, tapi tidak mustahil. Virus terjadi pada komputer tanpa peringatan dan dapat menghapuskan seluruh sistem. Mereka mempengaruhi jutaan komputer setiap hari dengan menghancurkan data, mencuri informasi penting dan membuat komputer tidak dapat digunakan.

Ketika komputer terinfeksi virus, itu harus dihapus sesegera mungkin. Dan jika komputer terkoneksi Internet, Anda harus memiliki sebuah solusi metode yang membersihkan virus. Memang agak sulit untuk mendeteksi virus komputer, tetapi ada cara untuk menjaga komputer tetap bersih dari virus. Jika komputer terinfeksi oleh virus, komputer pertama harus discan dengan perangkat lunak antivirus.

Virus komputer adalah program software kecil yang sengaja dibuat untuk menyebar antar komputer untuk mengganggu pengoperasian. Virus berpotensi dapat merusak atau menghapus data, menyebar ke komputer lain melalui e-mail program atau bahkan menghapus semua informasi dari hard disk. Virus biasanya menyebar lewat pesan instan atau pesan email dan acap kali dibuat supaya terlihat seperti kartu ucapan, gambar lucu atau video dan file audio.

Virus komputer juga menyebar melalui download internet dan dapat menyamar dalam perangkat lunak ilegal atau file dan program pengguna download. Untuk menjaga komputer aman dari virus, sangat penting untuk selalu memiliki komputer saat ini dengan alat antivirus terbaru dan update, tetap terinformasi dari setiap ancaman saat ini, mengikuti aturan sederhana ketika surfing internet, men-download file atau membuka lampiran apapun.

Komputer yang terinfeksi virus biasanya memiliki gejala-gejala sebagai berikut:

  • Komputer lemot atau menjadi sangat lambat kinerjanya
  • Muncul banyak pesan-pesan error di layar komputer 
  • Komputer sering mati dengan sendirinya dan muncul "blue screen" 
  • Hilangnya program terinstall atau data-data yang corrupt


Cara Menghapus Virus :


Cara Otomatis :

Langkah pertama untuk membersihkan virus dari komputer adalah dengan menginstal sebuah program perangkat lunak antivirus. Ada banyak perusahaan yang menawarkan program-program yang tersedia dan terjangkau yang terpercaya. Sebuah program yang baik harus user friendly, up-to-date, mudah diupdate, terjangkau dan tidak menggunakan banyak memori.

Setelah membeli perangkat lunak, scan awal perlu dijalankan untuk virus dan jika ada yang ditemukan, mereka harus dihapus. Kebanyakan program akan menempatkan virus ditemukan dalam "vault". Hal ini dapat diatur untuk melakukan secara otomatis atau manual. Berbagai virus baru diciptakan, program antivirus harus diperbarui untuk file-file baru, pastikan hal ini dilakukan setiap minggu.

Cara Manual :

Cara menghilangkan virus di laptop atau komputer dengan cara otomatis sangat berdampak bagi kesehatan komputer. Jika Anda ingin menghapus semua item berbahaya dari komputer Anda, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan cara manual.

Untuk menghapus virus secara manual dari komputer Anda, Anda bisa sampai ke Start Menu > Control Panel > Add or Remove Program dan kemudian menghapus program mencurigakan dari daftar.

Anda dapat melakukan riset online untuk mengetahui tentang jenis file yang diciptakan oleh Trojan (virus). Sekarang Anda dapat mencari file yang sama pada PC Anda, jika Anda menemukan apapun, Anda dapat menghapus secara manual. Untuk menjaga PC Anda berjalan tanpa gangguan virus, Anda harus menyertakan penghapusan Entri Registry Sistem yang tidak perlu secara teratur.

Bantuan Profesional :

Untuk virus yang sulit dihapus, seorang profesional mungkin diperlukan, seorang profesional dapat menghapus virus lebih dari perangkat lunak. Ini adalah kesempatan langka, tetapi tidak terjadi jika beberapa virus yang ditemukan pada satu komputer atau jika virus telah di komputer untuk waktu yang lama. Untuk memiliki perlindungan terbaik untuk komputer, itu adalah ide yang baik untuk menggabungkan program perangkat lunak antivirus dengan jenis lain dari perangkat lunak, termasuk adware atau virus iklan, spyware dan malware (semua untuk deteksi dan penghapusan).

Tips Melindungi Komputer dari Virus dan Hacker


Setelah kita mengetahui cara menghilangkan virus di laptop atau komputer, selanjutnya yang perlu kita lakukan agar laptop/komputer kita tidak terserang virus lagi adalah dengan melakukan langkah perlindungan, selain melindungi dari bahaya virus langkah ini juga bisa untuk melindungi dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab.

Seperti kita tahu virus adalah musuh mematikan dari semua sistem komputer. Komputer yang terinfeksi dengan malware, virus atau Trojan, segera dapat menyebabkan pengaruh yang sangat buruk. Hal ini dapat menyebabkan perubahan pada komputer Anda saat beroperasi secara normal, virus bisa hack informasi Anda dan lebih buruk, hal itu dapat menghapus hard drive anda dan benar-benar merusak komputer Anda. Instal perlindungan antivirus terbaik untuk melindungi sistem komputer Anda dari virus berbahaya.

Untuk melindungi komputer Anda dari serangan berbagai virus, malware, hacker, dll, Anda bisa melihat beberapa tips di bawah ini yang akan bekerja secara efektif dalam melindungi komputer Anda dari data berbahaya.

Program Antivirus: Ini adalah yang paling jelas dan perangkat lunak yang paling penting harus diinstal dalam sistem komputer Anda. Memiliki sistem antivirus akan membantu Anda menentukan website Anda tidak harus masuk dan akan menjamin pengalaman internet bebas masalah. Meskipun mahal pada awalnya, manfaat dan fitur pasti akan melebihi harga terutama jika komputer Anda sering terhubung ke internet.

Update Windows: Banyak pengguna dari sistem operasi yang paling umum dan paling didambakan telah menjadi korban hacker dan virus. Hal ini sangat penting untuk selalu update Windows terutama ketika diberikan pemberitahuan. Jangan menyampaikan memperbarui sistem operasi Anda karena hal ini akan memungkinkan komputer Anda untuk melacak, virus yang berbeda worm dan Trojan.

Update Aplikasi Software: Semua aplikasi perangkat lunak yang terinstal di komputer Anda perlu diperbarui. Pembaruan ini memperbaiki bug dan melengkapi perangkat lunak dengan fitur-fitur baru mereka. Selain itu, mereka datang dengan aplikasi keamanan yang ditingkatkan, membuat aman komputer Anda lebih tahan terhadap virus.

Anti-Spyware: Beberapa perangkat lunak antivirus, khususnya, versi download gratis tidak datang dengan perlindungan spyware. Jika hal ini terjadi, Anda perlu memanfaatkan perangkat lunak antivirus atau men-download program anti-spyware yang berbeda. Spyware adalah ancaman besar ke komputer Anda, yang dapat merusak sistem komputer Anda dan hack informasi Anda.

Software Yang Menentukan Website Rawan Hacker: Situs download gratis dan game online membuat komputer mudah dihack. Jangan jatuh ke dalam perangkap ini. Sebaliknya, beberapa perangkat lunak antivirus menawarkan layanan yang segera memberitahu Anda apakah atau tidak situs yang Anda kunjungi aman atau tidak.

Program firewall: Firewall benar-benar penting untuk sistem komputer. Jika Anda tidak memiliki program firewall pihak ketiga, telah terinstal untuk memastikan bahwa sistem anda dapat menyaring semua data Anda. Aktifkan firewall Windows Anda ke versi terbaru operasi sistem Windows yang akan membantu menyaring lalu lintas data. Program-program firewall dapat dengan mudah dan efektif menyaring aliran data yang masuk dan keluar.

Software Kontrol Spam Email: Mail spam adalah email palsu yang memancing orang untuk membukanya. Setelah dibuka, kode berbahaya bisa masuk ke komputer Anda dan menghack informasi Anda. Berhati-hatilah membuka file attachment terutama dari pengirim yang tidak dikenal. Meskipun, email berbasis web datang dengan lapisan tambahan perlindungan terhadap spam, jika Anda tidak mengenali email, akan lebih bijaksana untuk hanya menghapus email tersebut.

Data Backup: Jika sebagian besar informasi penting Anda disimpan di komputer Anda, pastikan bahwa Anda memback-up semua data tersebut dan menyimpan mereka dalam hard drive eksternal atau menyimpannya dalam kotak drop. Sebuah virus sederhana memiliki kemampuan untuk hack informasi Anda.

Demikian tadi adalah pembahasan mengenai cara menghilangkan virus di laptop atau komputer beserta info gejala-gejala komputer yang terkena virus dan tips langkah pencegahannya. Semoga dengan melakukan tips diatas komputer, laptop atau PC kita akan terbebas dari bahaya virus dan hacker yang mungkin menyerang.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *