Cara Merawat FlashDisk yang Benar Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak



Cara Merawat FlashDisk yang Benar

Cara Merawat FlashDisk yang Benar - FlashDisk merupakan salah satu alat penyimpanan data yang banyak digunakan. Bila dibandingkan dengan disket atau floppy disk, flashDisk mampu menampung lebih banyak file. Selain itu, ukurannya yang kecil juga praktis membuatnya mudah untuk dibawa kemana-­mana.

FlashDisk biasanya mampu menyimpan file dari mulai 4 GB hingga mencapai 128 GB. Untuk masalah harganya sendiri biasanya dipengaruhi oleh besar kapasitas serta merk atau kualitas dari flashdisk itu sendiri.

Mengingat pentingnya alat yang satu ini maka alat penyimpan data ini harus dirawat dengan benar. Tidak boleh kita berpikir kalau rusak gampang beli lagi, karena sayang kalau FlashDisk yang di dalamnya terdapat data­-data penting ternyata mengalami kerusakan. Untuk itu kita perlu melakukan tindakan perawatan secara rutin dan berkala. berikut ini ada sejumlah cara merawat FlashDisk yang benar agar awet dan tidak cepat rusak yang harus anda lakukan :

1. Minimalisir proses hapus­-tulis
Seperti alat elektronik lainnya, FlashDisk juga ada waktu kapan FlashDisk ini rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Lama tidaknya usia FlashDisk tergantung pada kualitas dan merk FlashDisk. Ada batasan proses hapus­-tulis pada flashdisk. Jadi, usahakan untuk meminimalkan proses tersebut dan juga mengedit langsung dari FlashDisk.

2. Tutup FlashDisk
Socket FlashDisk yang kotor bisa menyebabkan proses baca tulis mengalami kegagalan. Oleh karena itu, tutup socket supaya tidak kotor.

3. Cegah FlashDisk dari benturan keras
Seperti alat elektronik lainnya, benturan keras dapat menyebabkan kerusakan pada FlashDisk. Oleh karena itu, usahakan agar FlashDisk tidak terkena benturan dengan benda keras.

4. Jauhkan FlashDisk dari tempat yang panas
Seperti alat elektronik lainnya, FlashDisk juga rentan dengan terhadap panas, apalagi jika terkena sinar matahari secara langsung. Untuk itu, usahakan agar tidak menyimpan FlashDisk pada tempat yang bersuhu panas dan terkena cahaya matahari.

5. Melakukan proses eject atau stop
Lakukan proses eject atau stop sebelum mencabut FlashDisk dari port USB. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada FlashDisk, apabila kita mengabaikan proses eject atau stop sebelum mencabut flashdisk dari komputer atau laptop, hal ini dapat berpengaruh terhadap file-­file yang disimpan di dalam FlashDisk. Oleh karena itu selalu lakukan eject tiap kali selesai menggunakannya.

6. Scan virus
Cara merawat flashdisk agar tidak terkena virus adalah dengan secara rutin melakukan scan virus. Ketika melakukan pengambilan data atau transfer data dari komputer ke FlashDisk, sangat mungkin FlashDisk dapat terkena virus. Apalagi jika mengambil dan menyimpan data yang didapatkan dari internet. Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan scan virus secara berkala dengan menggunakan antivirus yang ada untuk menghilangkan virus yang ada di flash disk.

7. Hindari terkena air
Kendati ada FlashDisk yang diklaim anti air, menghindari FlashDisk dari sentuhan air bisa menjaga keamanan FlashDisk.

8. Jauhkan FlashDisk dari medan magnet kuat
Barang-­barang elektronik seperti ponsel dan televisi sangat tidak baik untuk FlashDisk. Oleh karena itu, hindari meletakkan FlashDisk di dekat barang­barang dengan medan magnet kuat. Itulah cara merawat FlashDisk supaya awet dan tidak cepat rusak.

Itu tadi adalah 8 cara merawat flashdisk yang benar agar awet dan tidak cepat rusak yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *