Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama - Salah satu bagian laptop atau komputer yang harganya cukup mahal jika terjadi penggantian karena adanya kerusakan adalah LCD laptop. Harga LCD laptop biasanya berkisar antara 700ribuan sampai jutaan rupiah tergantung dari merk-nya, itu baru harganya belum biaya pasang atau service, bisa diperkirakan sendiri bukan?

Kerusakan pada LCD laptop dapat diakibatkan oleh sejumlah faktor, bisa karena faktor bawaan dari pabrik maupun faktor manusia, seperti perawatan dan perlakuan terhadap LCD laptop. Sejumlah masalah yang kerap kali terjadi pada LCD laptop berupa missing color, warna kurang tajam, tampilan bergetar, dan tampilan bergaris. Masalah tersebut banyak dialami oleh LCD yang amsih memakai neon atau inverter sebagai backlight­nya, dan banyak kerusakan pada layar LCD susah untuk diatasi kecuali dengan cara penggantian.

Adanya kerusakan pada LCD laptop bisa disebabkan oleh VGA module yang secara kualitas kurang baik. VGA module terdiri dari VGA chipset, inverter, konektor fleksibel ke mainboard, konektor fleksibel ke LCD, dan kabel fleksibel. Kerusakan ini merupakan kerusakan LCD laptop dengan penyebab faktor bawaan dari pabrik.

Layar LCD laptop yang rusak juga bisa disebabkan karena cara penggunaan dan perawatan yang kurang benar. Laptop tidak seperti PC desktop yang lebih kuat dan tahan jika dinyalakan dalam waktu seharian. Semakin lama laptop dinyalakan dapat menimbulkan panas berlebih di dalam laptop, kendati di dalam laptop sudah terdapat fasilitas pendingin. Hal ini karena ruang kosong yang lebih sempit daripada PC desktop biasa. Panas pada laptop merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan laptop mengalami kerusakan, tak terkecuali LCD laptop.

Berikut adalah beberapa cara merawat LCD laptop agar awet dan tahan lama :

1. Bersihkan LCD laptop dengan memakai cairan khusus pembersih LCD laptop secara berkala. Selain akan membuat bersih dan awet cara ini juga akan mencerahkan layar laptop.

2. Hindari menggunakan laptop dalam waktu lebih dari 3 jam secara berturut-­turut, matikan dalam waktu kira­kira 10 menit, kemudian Anda bisa menghidupkannya kembali.

3. Atur LCD time off saat laptop tak digunakan pada menu Power Option Windows.

4. Terapkan brightness dan contras sedang pada pengaturan LCD laptop.

5. Untuk pemakaian laptop dalam waktu yang lama, gunakan cooling pad yang berkualitas, yakni cooling pad yang bukan mengambil dari USB laptop, melainkan yang memakai adaptor sendiri.

6. Membuka dan menutup LCD secara benar, yakni dengan memegang pada kedua sisi kanan kirinya, bukan dari bagian atasnya. Hal ini karena pada bagian atas terdapat blok yang rentan terhadap kerusakan.

Demikianlah cara merawat LCD laptop agar awet dan tahan lama. Semoga dengan melakukan berbagai tips dan cara diatas LCD laptop atau komputer anda akan selalu awet dan berfungsi secara optimal.

Subscribe to receive free email updates: