Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama - Mencegah lebih mudah daripada mengobati. Itulah pepatah yang populer dalam hal kesehatan. Bagaimana dengan dunia teknologi? Dalam dunia teknologi, merawat lebih mudah daripada memperbaiki. Ya, merawat suatu barang elektronik lebih mudah daripada memperbaiki, tak terkecuali printer. Printer memerlukan perawatan yang rutin agar bisa awet dan tahan lama.

Dan berikut adalah beberapa cara merawat printer yang bisa kita lakukan agar awet dan tahan lama :

1. Matikan printer dengan benar dengan cara menekan tombol powernya

Cara merawat printer yang pertama ini terbilang sebagai cara yang mudah dan sangat simpel, yakni menekan tombol power ketika mematikan printer. Mematikan printer dengan menekan tombol powernya bisa menajdikan head catridge printer bersih dan terhindar dari kebuntuan. Dengan menekan tombol power printer saat mematikan, maka secara otomatis printer akan melakukan pembersihan pada permukaan head sebelum parkir pada tempatnya. Hindari mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung.

2. Refill / isi sesegera mungkin apabila tinta printer telah habis

Cara merawat printer berikutnya adalah dengan mengisi tinta pada printer secepatnya saat tinta printer sudah habis. Hal ini dapat membuat head catridge printer awet dan tahan lama.

3. Gunakan printer secaar berkala dan teratur, setidaknya seminggu sekali

Merawat printer dengan memakai printer secara teratur dan berkala bisa menjaga supaya tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat tinta keluar. Oleh karena diameter nozzle yang sangat kecil, maka rawan terjadi kebuntuan sebagai akibat dari tinta yang mengering dan tak mengalir. Akibatnya bisa terjadi kerusakan pada head catridge.

Tips: Sebagai pengingat agar melakukan percetakan setiap minggu secara berkala, baik untuk tinta hitam ataupun warna lainnya, Anda bisa meletakkan catatan kecil di depan monitor. Pakai untuk mencetak gambar yang kaya warna.

4. Hindari memakai kertas yang kotor dan berdebu

Memakai kertas yang kotor dan berdebu untuk mencetak dapat menyebabkan roll penarik kertas menjadi kotor, dan lama­lama dapat mengakibatkan cepat aus dan kerusakan. Akibatnya, printer tak bisa untuk menarik kertas.

5. Tutup printer dengan menggunakan cover plastik

Cara berikutnya agar printer awet dan tahan lama adalah dengan menutup printer menggunakan cover palstik. Hal ini berguna untuk melindungi printer dari kotoran dan debu.

Itu tadi cara merawat printer agar awet dan tahan lama. Semoga dengan melakukan cara tersebut printer anda akan lebih awet dan selalu bisa berfungsi secara optimal.

Subscribe to receive free email updates: