Cara Melakukan Perawatan Komputer yang Baik dan Benar



Perawatan Komputer

Cara Melakukan Perawatan Komputer yang Baik dan Benar - Sama halnya dengan tubuh manusia, komputer, PC atau laptop juga perlu dirawat dengan baik agar dapat berfungsi baik untuk jangka waktu panjang. Jika tidak dirawat, maka akan berdampak pada kerusakan baik software maupun hardware-nya. Ada beberapa tips cara merawat komputer agar awet  yang perlu diketahui oleh para pengguna untuk memaksimalkan kinerja komputer.

Berikut beberapa tips merawat komputer dengan baik yang dapat membantu Anda mempertahankan performa komputer Anda:

1. Membersihkan Harddisk Anda, Hapus Data-data yang tidak lagi dibutuhkan!

Minimnya ruang harddisk di Komputer Anda dapat menyebabkan masalah dalam operasi komputer, sehingga sangatlah penting untuk membersihkan dan menghapus beberapa data secara teratur terutama file-file yang tidak Anda butuhkan. Data-data yang kemungkinan Anda tidak butuhkan antara lain:
  1. File dan folder sudah lama yang tidak lagi digunakan.
  2. Temporary internet file (internet history) yang tersimpan di Komputer Anda. Data-data ini secara otomatis disimpan dalam Komputer Anda ketika Anda browsing internet.
  3. Program yang usang dan aplikasi orang lain yang Anda atau orang lain tidak pernah gunakan.
  4. Shortcut di desktop Anda yang tidak Anda butuhkan.
Dengan menghapusnya secara teratur akan banyak membantu dalam meningkatkan kembali performa komputer Anda. Salah satu tips yang dapat Anda lakukan adalah menyimpan gambar, musik dan video dalam CD untuk membebaskan lebih banyak ruang untuk dokumen Anda yang lebih penting.

2. Gunakan Program Antivirus yang Handal

Salah satu masalah utama mengenai teknologi komputer atau laptop adalah tindakan tidak etis yang dilakuan oleh sebagian orang melalui menciptakan virus, yang dapat merusak file dan segala sesuatu tentang sistem Anda. Jika Anda tidak melindungi komputer Anda, virus dapat merusak file dan seluruh sistem Anda. Oleh sebab itu cara merawat komputer agar tidak terkena virus adalah Anda harus melindungi file Anda dengan program antivirus yang handal yang mampu menghapus virus dan melenyapkannya dari komputer anda. Ada banyak perusahaan yang menawarkan program yang terjangkau. Program yang baik harus user friendly, up-to-date, mudah untuk memperbarui, terjangkau dan tidak menggunakan banyak memori

3. Update Program-program Anda

Sistem operasi, antivirus serta program-program lainnya selalu mengeluarkan update pada produk mereka yang berarti mereka terus-menerus meng-upgrade atau meningkatkan program mereka, terutama untuk keamanan tambahan di web. Anda dapat mengaktifkan ini pada update otomatis untuk membuat program Anda diperbarui dan untuk keamanan tambahan juga.

4. Bersihkan registri komputer secara teratur

Jika Anda menggunakan Microsoft Windows dan Anda menemukan halaman lambat loading, program tidak merespons, kecepatan komputer lambat, dan kesalahan registri, Anda mungkin perlu untuk membersihkan dan memperbaiki registri Windows Anda. Registri Anda berisi data yang sangat penting yang memungkinkan sistem operasi untuk menjalankan dan manual menghapus mereka dapat menyebabkan lebih banyak kesalahan dalam operasi komputer Anda.

Untuk membantu Anda membersihkan registri Anda dan meningkatkan kinerja komputer Anda, carilah software registry cleaner, yang diprogram untuk memperbaiki dan membersihkan referensi yang tidak valid dan data usang dalam registri Anda.

5. Bersihkan fisik Komputer Anda

Seperti halnya gadget elektronik, Anda diharuskan untuk melakukan perawatan komputer secara berkala agar bisa terus berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu cara paling sederhana dalam perawatan komputer yang tepat adalah membersihkan fisik komputer Anda, seperti membersihkan LCD, power supply, kipas pendingin dan bagian yang lainnya. Hanya karena Anda selalu membersihkan rumah Anda tidak secara otomatis komputer juga bersih.

Partikel debu kecil dapat hinggap di komputer Anda, terutama di bagian dalam power supply dan kipas pendingin CPU Anda. Setelah mengental, maka akan sangat sulit bagi kipas pendingin untuk beroperasi untuk mendinginkan perangkan komputer. Partikel-partikel debu dapat terakumulasi dan pada tingkat tertentu, akan menyebabkan berhenti berputar. Setelah ini terjadi, panas akan meningkat pada interior komputer Anda, menyebabkan chip gagal berfungsi.

6. Gunakan UPS (Uninterruptible Power Supply)

Komputer merupakan alat elektronik yang menggunakan listrik sebagai sumber energi. Putusnya aliran listrik secara tiba-tiba atau aliran listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan rusaknya hardware komputer. Cara terbaik untuk mencegah hal ini yaitu dengan menggunakan UPS.

Demikian tadi adalah beberapa cara perawatan komputer yang baik dan benar, jika anda bisa melakukan semua hal tersebut secara rutin dan teratur maka komputer anda akan tetap bisa berfungsi secara maksimal dan meminimalisir berbagai gangguan yang mungkin terjadi.

Semoga bermanfaat.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *