Cara Perawatan Power Supply Komputer Yang Baik dan Benar



Power Supply Komputer

Cara Perawatan Power Supply Komputer Yang Baik dan Benar - Power supply memiliki peranan yang penting untuk komputer, yakni sebagai penyedia daya listrik. Fungsi power supply adalah untuk menyediakan dan mengalirkan aliran listrik untuk komponen-komponen yang lainnya pada CPU. Dari aliran listrik yang terdapat di rumah yang dihubungkan ke power supply nantinya aliran listrik tersebut akan diperkecil dan dibagi ke komponen-komponen yang lainnya semisal harddisk, mainboard yang akan dibagi lagi ke mouse, keyboard dan piranti USB yang lainnya serta CD room. Power supply sudah satu paket dengan casing komputer.

Komponen power supply sama halnya seperti komponen peralatan elektronik lainya. Bila penutup power supply dibuka, maka akan tampak komponen-komponen elektronik yang ukurannya besar seperti transistor, kondensator, dan adaptor, yang lumayan besar bila dibandingkan dengan komponen komputer yang lainnya. Untuk koneksi ke dalam CPU ada berbagai kabel yang dapat ditancapkan pada komponen yang lainnya. Sedangkan untuk koneksi keluar ada dua slot kabel untuk mengambil secara langsung daya dari listrik luar atau melalui UPS dan stabilizer.

Kinerja power supply dapat terganggu karena gangguan-gangguan tertentu, seperti adanya kebocoran aliran listrik yang bisa merusak komponen-komponen lainnya dan aliran listrik yang menuju ke dalam CPU kurang lancar. Bila power supply sudah mengalami kebocoran arus, maka kerusakan pada power supply ini bisa menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya yang hendak ditancapkan ke komputer.

Untuk menghindari berbagai kemungkinan hal yang tidak diinginkan tersebut maka kita perlu selalu menjaga dan merawat power supply tersebut. Dan berikut adalah cara perawatan power supply komputer yang baik dan benar:

1. Jaga kebersihan power supply
Power supply mempunyai lubang angin pada bagian belakangnya yang punya fungsi untuk mengeluarkan panas dari dalam power supply dan ada kipas di baliknya. Pada bagian ini, kotoran dan debu bisa melekat. Bersihkan lubang angin beserta kipasnya dengan menggunakan kuas cat dan kalau bisa sekaligus komponen-komponen yang ada di dalamnya juga dibersihkan.

2. Buat arus ground
Arus ground bertujuan untuk menyalurkan arus yang dihasilkan oleh power supply ke tanah, untuk mencegah terkena sengatan aliran listrik saat menyentuh casing atau komponen lain yang bisa dialiri arus listrik. Buat arus ground dengan memakai kabel bekas atau kawat dengan menempelkan bagian yang satunya pada power supply atau CPU dan satunya lagi ditancapkan di dinding.

3. Ganti power supply
Umur power supply kurang lebih sekitar lima tahun pemakaian. Meskipun setelah lima tahun power supply masih bisa bekerja dengan baik, sebaiknya diganti yang baru sesuai kebutuhan (sebagai tindakan pencegahan).

Demikian tadi adalah beberapa cara perawatan power supply komputer yang baik dan benar supaya tetap aman, awet dan terhindar dari berbagai kerusakan pada power supply. Hal ini tentu saja juga akan membuat aman komputer atau PC kita ketika beroperasi.

Baiklah sekian dulu untuk artikel power supply pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *