Tindakan Keliru Pada Smartphone yang Tercebur Ke Air



Tindakan Keliru Pada Smartphone yang Tercebur Ke Air

Tindakan Keliru Pada Smartphone Yang Tercebur Ke Air - Dalam hidup ini, banyak tindakan yang menurut insting kita adalah cara yang terbaik, padahal secara keilmuan hal tersebut sebenarnya kurang baik untuk dilakukan. Seperti misal saat smartphone kesayangan kita tercebur ke air, beberapa orang melakukan tindakan yang sesuai insting untuk menyelamatkan smartphone agar kondisinya tidak terlalu parah, ternyata malah akan membuatnya makin parah dan rusak. Tindakan-tindakan tersebut sebaiknya Anda ketahui agar bisa dihindari dan diminimalisir.

Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa tindakan keliru pada smartphone yang tercebur ke air, antara lain :

1. Menggunakan microwave untuk mengeringkannya

Mungkin tujuan Anda adalah ingin mengeringkan smartphone luar dan dalam, namun microwave bukanlah barang yang tepat untuk melakukan hal tersebut, karena bukannya akan membuatnya kering, tetapi panas microwave hanya akan membuat smartphone Anda meledak akibat gelombang micro dan kombinasi panas yang berlawanan.

2. Menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya

Tindakan keliru pada smartphone yang tercebur ke air selanjutnya adalah mengeringkan dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut. Ketahuilah, cara ini memang bisa membuat bagian dalam smartphone mengering, tetapi cara ini memiliki resiko yang cukup membahayakan smartphone, yaitu melelehnya cairan timah pada sirkuit IC yang seharusnya tetap terjaga.

3. Menyimpan smartphone di atas pemanas

Pemanas atau heater adalah barang yang mungkin terpikirkan oleh Anda untuk mengeringkan smartphone yang tercebur ke air. Cara ini sebaiknya tidak dilakukan, karena penyimpanan di atas pemanas bisa merusak bagian dalam smartphone akibat suhu panas yang dihasilkannya. Alih alih ingin menyelamatkan smartphone, yang kejadian malah kondisinya semain rusak atau bahkan mati total.

Itulah beberapa tindakan keliru pada smartphone yang tercebur ke air. Semoga dengan penjelasan di atas, kita tidak melakukan tindakan gegabah lagi saat mendapatkan pengalaman buruk, yaitu smartphone tercebur ke dalam air.

Tindakan yang paling tepat saat HP masuk air atau tercebur adalah dengan mematikannya terlebih dahulu, kemudian melepaskan setiap komponennya (baterai, sim card, media card), mengeringkannya dengan cara yang tepat, kemudian mengetesnya kembali.

Selamat mencoba.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *