Tips Membeli HP Baru Maupun Bekas Yang Perlu Anda Ketahui



Tips Membeli HP Baru

Tips Membeli HP Baru Maupun Bekas Yang Perlu Anda Ketahui - Bukan hanya rahasia lagi bahwasanya handphone saat ini menjelma bukan sebagai alat komunikasi saja. Lebih dari itu, handphone juga merupakan bagian dari pola hidup orang-orang, dan tidak sedikit yang berasumsi handphone merupakan benda "kebutuhan pokok", yang harus dimiliki.

Baik handphone baru ataupun second sangat laku dipasaran, dan senantiasa laku dibeli oleh customer. Makin banyak produksi serta jenis handphone yang beredar di market baik itu Samsung, iPhone, Nokia, Oppo dan merk-merk lainnya membuat handphone baik itu ponsel baru ataupun handphone second jadi barang dagangan yang laku dibeli oleh konsumen. Bila handphone Anda termasuk model lama, dan Anda mempunyai gagasan beli handphone baru, janganlah terlewat panduan beli handphone baru di bawah ini.

1. Kebutuhan dan Tujuan Membeli Handphone

Tips membeli HP atau handphone baru tidak terlepas dari kebutuhan dan tujuan membali handphone. Kini, berbagai merk handphone baru menawarkan aneka fitur canggih. Maka, sebaiknya Anda menyesuaikan kebutuhan dan tujuan kepemilikan handphone sebelum memutuskan membeli peangkat komunikasi baru.

Jika Anda menggunakan handphone sekedar untuk berkomunikasi dengan teman atau relasi, internetan, atau membuka jejaring sosial, sepertinya Anda tidak perlu menghamburkan dana untuk membeli satu unit ponsel super cerdas yang dipadati berbagai fitur yang “wah”.

2. Amatilah Kelebihan dan Kekurangannya

Tips membeli handphone baru menganjurkan agar Anda selalu mempelajari berbagai kelebihan dan kekurangan handphone yang Anda inginkan. Di internet, ada banyak ulasan tentang plus minus sebuah produk handphone, sebagai ‘bekal’ bagi Anda untuk mengamati dan mempelajari handphone yang Anda inginkan.

Pelajari pula berbagai fasilitas yang ditawarkan handphone yang bersangkutan, berikut berbagai fiturnya, agar Anda tidak kecewa setelah membelinya nanti. Perlu diketahui pula, ada kalanya handphone baru mengaplikasikan fitur tertentu, namun sebenarnya aplikasi tersebut belum sempurna, sehingga belum dapat dioperasikan.

3. Dapatkan Informasi Harganya

Kenapa harus memiliki informasi harga handphone yang sedang Anda incar? Sebagai komparasi, mungkin saja mendapatkan harga yang berbeda-beda untuk handphone yang sama, di toko yang berbeda pula. Distributor resmi biasanya menawarkan harga handphone yang lebih rendah ketimbang harga di toko-toko.

Akan tetapi, walaupun harga murah bisa sangat menggoda, namun jika perbedaan harga itu terlampau jauh, dan handphone idaman Anda benar-benar murah, maka tak ada salahnya Anda waspada, jangan-jangan handphone tersebut merupakan barang ilegal.

4. Cek Kelengkapan Handphone

Tips membeli handphone baru menganjurkan agar Anda memeriksa seluruh kelengkapan handphone, sebelum Anda memutuskan bertransaksi untuk membeli. Secara standar, handphone baru wajib mempunyai berbagai kelengkapan, yang terdiri dari charger, headset, kabel data, dan buku manual. Kadang-kadang, penjual menyertakan kartu memori dan kartu nomor perdana bersama handphone yang mereka tawarkan, plus pelindung layar berikut pembungkus handphone.

5. Cek IMEI

Kenapa cek IMEI penting? Ingatlah bahwa nomor IMEI berguna sebagai indikator keaslian barang. Selain itu, nomor IMEI yang sesuai antara yang terdapat pada HP dan dusnya mengindikasikan bahwa barang yang bersangkutan benar-benar legal. Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek nomor IMEI ponsel melalui akses kode *#06#.

6. Jangan Tergoda Model Handphone

Dalam tips membeli handphone baru, sebaiknya Anda tidak mudah tergoda terhadap aneka model handphone yang trendy dan menggiurkan, karena model keren belum tentu diikuti kapasitas handphone yang memadai.

Tips Membeli Handphone Bekas

Tips Membeli HP Bekas

Ada beragam jenis hp di Indonesia, dari yang berbentuk fitur phone sampai yang bertipe smartphone. Nah, dari beragam jenis itu pasti harganya juga tidak sama, tergantung dari spesifikasi serta jenisnya juga. Kadang-kadang spesifikasi serta jenisnya pas, namun harga tak terjangkau dengan dana yang kita punya. Barangkali ada waktunya Anda untuk mulai mencari hp second namun tetap berkwalitas.

Untuk memperoleh hp second yang berkualitas, pasti Anda tak lagi kesusahan untuk mendapatkan beberapa penjualnya. Ingin di mall – mall atau pusat perbelanjaan elektronik sampai di tepi jalan juga dapat Anda jumpai. Yang jadi permasalahannya, apakah hp itu tetap layak untuk Anda pakai atau tidak. Lantaran untuk memperoleh hp yang tetap benar-benar bagus amatlah susah, jikalau ada maka harga nya tak akan jauh dengan harga yang baru.

Mencoba melakukan survey

Sebelum mencoba untuk membeli ponsel bekas yang Anda inginkan, ada baiknya melakukan survey dahulu di berbagai tempat. Atau jika malas pergi, Anda bisa buka internet dan melihat website khusus untuk berjualan atau forum. Pastikan juga data yang ditampilkan oleh penjualnya lengkap dengan kondisi dari ponsel itu sendiri. Survey ponsel bekas di internet terbilang mudah untuk dilakukan, karena Anda hanya tinggal melihat barangnya dan kecocokan harganya. Selain itu juga Anda bisa nego secara tidak langsung melalui SMS/instant messaging ataupun secara langsung.

Setelah melakukan survey, Anda bisa mencoba untuk mengecek ponsel yang Anda minati. Jika Anda survey secara langsung seperti pergi ke toko – toko, disitu Anda bisa langsung mengecek ponselnya sekaligus melakukan nego jika Anda merasa cocok. Jika Anda survey melalui penjual online, Anda bisa melakukan kesepakatan untuk bertemu agar mengetahui kepastian dan kondisi dari ponsel yang Anda incar. Tetapi jika Anda sudah cocok tanpa harus bertemu, maka Anda bisa langsung melakukan nego dan deal dengan penjualnya, tentunya jika ponsel tersebut tidak sesuai dengan penjelasan si penjual maka resiko ditanggung Anda sebagai pembeli.

Cek kembali ponsel

Bagi Anda yang bertemu secara langsung dengan penjual baik itu di toko ataupun COD (cash on delivery) selalu cek kembali ponselnya. Pertama Anda bisa cek dahulu kondisi fisik dari ponsel tersebut berikut dengan berbagai kelengkapannya. Lalu cek baterainya apakah masih original dan juga kondisinya apakah sudah tidak layak (seperti kembung,bocor,mudah drop). Charger juga jangan lupa untuk diperiksa agar tidak merusak ponsel Anda nantinya. Cek sinyal dengan menggunakan provider yang memiliki jaringan paling bagus dan stabil di daerah Anda, jika sinyalnya tidak stabil mungkin kualitas sinyal ponselnya sudah buruk. Terakhir Anda cek garansi dan nomor IMEI, Anda bisa tanyakan ke penjual apakah ponsel tersebut masih memiliki garansi atau tidak, dan juga garansi dari penjualnya untuk menjamin bahwa ponsel tersebut masih layak. Untuk cek IMEI Anda bisa ketik *#06# dan samakan dengan dus ponselnya.

Disarankan menggunakan jasa rekber untuk transaksi jarak jauh

Khusus untuk Anda yang membeli ponselnya menggunakan jasa ekspedisi karena jarak antara Anda sebagai pembeli dan si penjual jauh, Anda boleh menawarkan jasa rekber untuk menghindari penipuan dari pihak si penjual. Langkah ini terbilang cukup aman, tentunya jasa rekber tersebut sudah memiliki reputasi yang baik dikalangan pembeli dan penjual.

Skema layanan rekber tergolong akan memberi untung ke-2 belah pihak. Si konsumen (Anda) mentransfer uang yang sudah disetujui dengan penjual ke layanan rekber, pastinya ditambah dengan cost layanan rekber itu (umumnya ada harga tarifnya, bergantung jumlah uang yang ditransfer). Anda konfirmasi ke layanan rekber bahwasanya sudah mentransfer jumlah uang yang sudah disetujui, lalu layanan rekber bakal konfirmasi ke penjual untuk selekasnya melakukan pegirman barangnya. Uang itu tetap ditahan di penyedia layanan rekber untuk menangani penipuan. Nah, sesudah penjual melakukan pengiriman barang, serta barang itu di terima oleh konsumen dengan keadaan yang sama, maka Anda konfirmasi lagi ke layanan rekber barang sudah tiba serta dana bisa diteruskan ke penjual.

Baiklah, sekian dulu uraian tentang Tips Membeli HP Baru Maupun Bekas Yang Perlu Anda Ketahui, semoga dapat dijadikan rekomendasi sebelum anda membeli ponsel idaman anda!

Selamat menentukan dan selamat berbelanja.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *