Cara Mempercepat Android dan Mengatasi HP Lemot



Cara Mempercepat Android dan Mengatasi HP Lemot

Cara Mempercepat Android dan Mengatasi HP Lemot - Salah satu tujuan kita memilih smartphone berbasis Android adalah keleluasaannya dalam menjalankan dan mendapatkan berbagai aplikasi secara mudah dan gratis. Namun, terkadang tujuan tersebut terkendala oleh kinerja smartphone yang lamban dan lelet, padahal kalau melihat spesifikasi yang dimiliki, smartphone tersebut seharusnya memiliki kinerja yang tetap cepat dan handal.

Agar bisa mempercepat android anda dan mengatasi HP lemot, maka pada artikel ini akan dibahas beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat android, diantaranya yaitu :

1. Launcher

RAM adalah satu aspek paling penting yang menentukan cepat atau lambatnya kinerja sebuah smartphone. Supaya kinerja ponsel tetap bisa optimal, maka kita dapat melakukan beberapa pengaturan pada launcher, yaitu hanya dengan menggunakan 10 MB. Dengan cara ini maka akan membuat Anda dapat mengoperasikan berbagai aplikasi dengan lebih lancar dan tampilan yang masih cukup menarik.

2. Jangan menjalankan aplikasi terlalu banyak secara bersamaan

Pada satu kesempatan mungkin anda hanya sedang menjalankan atau membuka satu aplikasi saja, namun yang terjadi adalah kinerja smartphone anda tetap lamot dan loading-nya lama. Hal ini biasanya terjadi karena aplikasi yang Anda tutup hanya dengan menekan tombol back atau tombol keluar tidak menutup aplikasi secara benar, sehingga membuat RAM bekerja untuk mengoperasikan seluruh operasional aplikasi. Cara mengatasi smartphone Android yang lemot karena banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan adalah dengan mendowload tool RAM Optimizer atau dengan melakukan restart smartphone secara berkala.

Baca juga :

3. Kosongan memori internal

Salah satu penyebab HP lemot yang sering terjadi adalah karena penuhnya kapasitas pada memori internal, hal ini akan membuat ponsel terasa berat dan lama loading-nya. Cara agar HP tidak lemot adalah dengan menghapus data yang ada di memori internal, atau dengan melakukan routing sehingga semua data akan masuk ke memori eksternal (microSD).

4. Software yang belum di update

Dalam perkembangannya, pada software dan aplikasi kadang ditemukan bug dan error. Dan untuk mengatasinya, pihak vendor melakukan perbaikan dan memberikan update terbaru untuk menghasilkan fungsi yang lebih baik. Oleh karena itu, jika Anda menemukan software dan aplikasi yang Anda jalankan tidak semulus milik teman Anda, maka bisa jadi software atau aplikasi tersebut belum di-update. Oleh karena itu, dengan sering sering mengecek update akan bisa mengatasi smartphone Android yang lemot dan mempercepat android anda.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat android anda dan mengatasi HP lemot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *