Cara Memperbaiki Hp Android Mati Padahal Baterai Penuh

Cara Memperbaiki Hp Android Mati Padahal Baterai Penuh
Cara Memperbaiki Hp Android Mati Padahal Baterai Penuh - Jika kalian pernah mengalami hp android yang tiba-tiba mati padahal indicator dari baterai penuh 100 persen, mungkin kalian akan kebingungan. Sebenarnya apa yang terjadi pada hp anda? apakah baterai hp anda yang rusak? mungkinkah kerusakan pada sistem android (software) atau hardware. Tak sedikit pengguna hp android yang mengalami masalah ini jadi dag dig dug der jantungnya.

Memang kejadian ini membuat jengkel, gimana kalau kita lagi asyik bermain game, sosmed, chat, video call dan lain sebagainya dengan kondisi baterai penuh eh tiba-tiba hp androidnya mati. Dari beberapa analisa memang mengarah tiga hal yang kami sebutkan diatas tadi yaitu mulai dari software, hardware atau baterainya. Untuk lebih jelasnya mungkin ulas satu persatu ya sob.

Cara Memperbaiki Hp Android Mati Padahal Baterai Penuh

A. Sistem bermasalah

sistem menjadi jembatan antara pengguna dan hardware nah jika jembatan ini putus atau sistem ini error maka hardware akan bermasalah salah satunya kejadian hp yang mati secara tiba-tiba walau indicator baterai masih penuh. Intinya terjadi masalah yaitu missing communication antara baterai, software dam hardware.

B. Hardware

Kerusakan baterai, kondensator, IC atau Dioada memang bisa saja terjadi walaupun indicator baterai tampil penuh, bisa saja ada salah kerusakan komponen yang dapat memutus secara tiba-tiba daya untuk smartphone sehingga smartphone pun mati.

C. Baterai Bermasalah

Kejadian tidak hanya menimpa hp android saja bisa juga terjadi hp dari os lain. Memang baterai yang sudah rusak terkadang nampak penuh namun secara tiba akan langsung habis dan membuat hp bisa saja mati secara tiba.

Namun dari 3 analisa permasalahan diatas dibawah ini sedikit kami beri tips untuk memperbaiki hp android yang tiba-tiba mati padahal baterai masih penuh. Yuk langsung saja simak dibawah ini.

1. Mungkin kalian bisa mencoba baterai teman anda yang hpnya sama, kalau tidak terjadi masalah seperti mati secara tiba-tiba kemungkinan baterai anda yang rusak.

2. Jika cara pertama belum berhasil coba softreset atau factory reset. Jangan lupa backup data

3. Jika sudah mencoba 2 cara diatas belum berhasil, selanjutnya langkah ketiga kalian bisa mencoba melakukan flashing ulang firmware hp android kalian. Kalau tidak biasa melakukan flashing silahkan suruh teman atau tukan servis hp yang sudah ahli.

4. Jika setelah di flashing masih belum juga mengatasi masalah. Kalian lakukan pengecekan hardware pada jalur-jalur dan komponen yang berhubungan dengan keluar masuknya daya dari baterai anda. Untuk yang nomor empat ini memang tidak sembarang dilakukan ya sob, salah-salah nanti kamu justru merusak komponen lain. Sebenarnnya cara dan tutorialnya ada di youtube tapi kalau kamu bukan dibidangnya mendingan nggak usah ya sob alias serahkan saja kepada yang ahlinya.

Semoga tips dari kami ini bisa membantu anda. Untuk saat ini kami cuma memastikan ada 2 kemungkinan yaitu software yang error perbaiki dengan flashing atau baterai yang rusak, bisa lakukan cara nomor 1 atau kalau kamu sudah yakin baterainya rusak bisa diganti yang baru sebelum rusaknya lebih parah. Ok terima kasih telah menyimak tips dari kami, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: