Tips Memperbaiki Android Kerusakan Sistem

Tips Memperbaiki Android Kerusakan Sistem
Tips Memperbaiki Android Kerusakan Sistem - Bikin jengkel jika hp android kamu bertingkah aneh dan kadang hang. Setiap membuka aplikasi sering menutup sendiri padahal sebelum-sebelumnya tidak pernah mengalami hal tersebut. Belum lagi beberapa aplikasi loading, hp tiba-tiba hang termasuk tidak bisa dimatikan. Kadang bagi pengguna hp yang kurang memahami hal ini bisa langsung menyerahkan ke tempat servis untuk mengatasi masalah ini.

Sebenarnya kejadian seperti ini memang tanda-tanda adanya kerusakan sistem android baik karena baru diflashing, error karena ada aplikasi yang bermasalah, penggunaan RAM yang melewati batas, terkena virus dan lain sebagainya. Lalu bagaimana mengatasi permasalahan seperti ini, apakah kita bisa memperbaikinya sendiri?

Ya jawabnya tentu bisa donk, kita bisa melakukan perbaikan sendiri terhadap kerusakan sistem android ini. Namun sebelum jauh kita memperbaiki masalah ini, mungkin kah kalian mengetahui ada aplikasi yang baru diinstall dan setelah di install tanpa kalian sadari sering membuat android error? kalau ada mungkin kalian bisa mencoba uninstall aplikasi tersebut. Bisa juga memori internal kalian sudah penuh dengan aplikasi-aplikasi dan begitupun dengan RAM kalian yang sudah penuh penggunaan nah sebaiknya kalian uninstall saja beberapa aplikasi yang tidak terpakai. Cara ini bisa saja memperbaiki hp kamu yang hang atau seperti rusak sistem tersebut.

Namun jika permasalahan ini masih terus berlanjut kemungkinan besar kalian harus melakukan hal-hal yang akan kami sampaikan satu persatu caranya dibawah ini, Yuk langsung saja kita bahas satu persatu cara mengatasi hp yang mengalami kerusakan sistem androidnya.

Tips Memperbaiki Android Kerusakan Sistem

1. Factory reset

Cara yang pertama harus kalian lakukan adalah dengan cara melakukan factory reset. Bisa jadi saat kamu melakukan flashing ada beberapa file sistem yang error dan harus dilakukan faktory reset terlebih dahulu. Carany abisa langsung dari pengaturan hp atau lewat menu recovery mode android biasanya dengan menekan tombol power dan volume bawa lalu kalian pilih wipe data/factoru reset sehingga setelah kalian pilih menu tersebut hp android akan reset dan kembali ke pengaturan awal. Namun sebelum melakukan ini jangan lupa backup dulu data-data penting seperti foto, video, kontak dan lain-lain.

2. Flashing ganti firmware

Cara kedua adalah cara yang cukup ekstrim bagi mereka yang tidak pernah melakukan flashing. Namun cara ini bisa menyelamatkan hp kalian yang sering error tersebut. Atau bisa jadi memang kalian sudah biasa melakukan flashing namun firmware yang kamu gunakan corrupt atau tidak cocok dengan hardware kalian. Untuk caranya silahkan kalian pakai firmware lain atau kembali firmware awal yang tidak punya masalah seperti yang firmware sekarang ini. Silahkan lakukan flashing seperti yang kalian lakukan sebelumnya.

Nah dari cara kedua diatas sebenarnya sudah bisa menjawab kerusakan sistem hp anda. Jika nomor satu tidak bisa cara kedua insyaallah bisa mengembalikan hp kalian seperti semula. Saran dari kami bijaklah dalam menggunakan smartphone. Kejadian error sistem ini juga sering terjadi pada hp yang di ROOT. Saran kami silahkan Unroot agar hp anda bisa beroperasi seperti biasanya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua sob.

Subscribe to receive free email updates: