Tips Memperbaiki Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi

Tips Memperbaiki Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi
Tips Memperbaiki Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi - Hadirnya fitur fingerprint atau pemindaan sidik jari sebagai fitur keamanan memang sangat membantu pengguna menjaga privasi hp miliknya. Saat ini sudah banyak hp-hp dari berbagai merek mengeluarkan produk terbaru dengan fitur fingerprint ini, tak terkecuali Samsung yang memang sudah lama menggunakan fitur ini dibanding merek-merek hp lain.

Tidak hanya hp Samsung kelas atas tapi untuk hp Samsung kelas menengah sudah dibekali fitur yang keren ini. Lalu apakah fitur ini tidak pernah error? ya jawabnya bisa jadi error sob, ada beberapa pengguna hp Samsung yang mengeluhkan permasalahan fingerprint mereka tidak berfungsi seperti biasanya. Lalu bagaimana mengatasinya? berikut ini kami sedikit membantu memecahkan masalah tersebut semoga membantu.

Tips Memperbaiki Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi

1. Restart hp Samsung

Langkah pertama anda tidak perlu panik dan repot-repot karena kalian bisa mencoba dengan merestart hp kalian. Untuk hasil optimal kalian bisa mematikan hp anda lalu lepaskan baterai, simcard dan memori eksternal agar energi listriknya benar-benar hilang. Diamkan beberapa saat baru pasang dan hidupkan kembali. Coba apakah fingerprint anda sudah kembali normal.

2. Clear Cache Aplikasi Fingerprint

Ada aplikasi fingerprint bawaan yang tersintall di sistem android hp Samsung sobat. Aplikasi ini pun menyimpan cache yang bertujuan untuk mempercepat pemindaan ketika kaliam menempelkan jari kalian ke tombol home. Namun kadang cahce yang menumpuk justru membuat fingerprint jadi tidak berfungsi. Jadi bersihkan atau clear cache fingerprint tersebut dengan cara masuk ke menu pengaturan pilih Manager aplikasi pilih ALL selanjutnya pilih fingerprint dan tap tombol Clear Cache.

3. Hapus Data Fingerprint

Cara ini hampir sama dengan nomor dua hanya saja kita juga harus melakukan tap clear data alias menghapus daftar sidik jari yang sudah terdaftar. Nanti kalau sudah di clear data kalian harus menjalankan fingerprint ini lagi dan mendaftarkan sidik jari lagi. Untuk caranya sama dengan cara dinomor dua yaitu buka pengaturan, pilih manager aplikasi lalu pilih All dan fingerprint. Clear Cache dan dilanjutkan dengan Clear Data.

4. Factory Reset

Mungkin error fingerprint ini berkaitan dari sistem android yang error. Cara terbaik adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan awal pabrik. Kalian harus membackup data-data penting sebelum melakukan cara ini. Cara untuk melakukannya setelah membackup adalah buka pengaturan selanjutnya pilih Backup & Reset > Factory Data Reset > RESET DEVICE dan hapus semua datanya.

Nah selesai sob, mungkin cara keempat tersebut sudah mengatasi permasalahan dari fingerprint Samsung yang tidak berfungsi. Kalau masih error coba ingat-ingat lagi apa yang kalian lakukan sebelum terjadinya error fingerprint tersebut. Bisa jadi error karena setelah melakukan root, hp Samsung anda kebanting yang membuat tombol home rusak termasuk fingerprintnya. Dengan demikian kalian harus mengganti hardwarenya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: