Cara Memperbaiki EMMC Rusak Pada Android

Cara Memperbaiki EMMC Rusak Pada Android
Cara Memperbaiki EMMC Rusak Pada Android - Saat ini kerusakan pada EMMC pada sebuah smartphone memang begitu menghantui para pengguna. Bukan hal yang sepeleh jika sudah terjadi kerusakan komponen yang merupakan peranti penyimpanan internal dari sebuah smartphone ini. Untuk harganya EMMC ini terbilang mahal sob namun tergantung pula dengan hpnya. Tidak sembarang orang bisa memperbaikinya karena ada orang-orang tertentu alias ahli servis dan menggunakan alat tertentu.

Namun apa yang menjadi penyebab errornya EMMC atau membuat EMMC rusak. Ya banyak faktornya seperti berapa sering kita menghapus video atau aplikasi dari smartphone kita, berapa sering kita melakukan flashing untuk sekedar mengganti ROM. Nah hal ini bisa membuat EMMC jadi bekerja berat dan jadinya cepat rusak.

Nah sebelum kita membahas lebih jauh tentang kerusakan EMMC alangkah baiknya kita ketahui ciri-ciri dari smartphone yang kerusakan EMMCnya. Ciri pertama adalah hp sering hang, dinyalakan hanya bootloop (sebatas logo), data-data sering hilang bahkan mati total. Inilah beberapa ciri-ciri kerusakan EMMC. Ya kalau parahnya tentu hp dalam kondisi mati total, dimana untuk diflashing pun tidak bisa lagi.

Mengapa ketika mati total tidak bisa lagi diflashing? ya EMMC yang berfungsi untuk menyimpan file-file sistem dan lain sebagainya tidak bekerja lagi, ya secara otomatis flashing tidak bisa dilakukan kalaupun berhasil tidak berapa lama kondisi hp akan kembali mati total (kalau EMMCnya sudah parah).

Jika sobat telah memastikan bahwa EMMC sobat rusak dan telah dilakukan pengecekan maka kita memang harus mengganti EMMC yang lama dengan yang baru. Oh ya IC EMMC ini sendiri terletak dekat prosesor utama hp sobat nah jadi saat melepasnya sobat benar-benar harus hati-hati agar tidak merusak prosesor utamanya. Untuk melepas EMMC tadi memang sekarang sudah tidak dianjurkan dengan cara dipanaskan. Dan saat ini orang-orang ahli melepas IC EMMC dengan cara mengebornya.


Intinya jika sobat belum ahli dalam permasalahan ini dan masih kekurangan peralatan kami sarankan tidak melakukan perbaikan ini sendiri mending bawa ketempat servis ya sob. Namun jika kalian tetap ingin memperbaikinya sendiri kalian bisa melihat tutorial di youtube tentang melepaskan EMMC. Berikut ini link youtube yang bisa kamu lihat klik disini.

Setelah berhasil melepasnya kamu bisa melanjutkan dengan memasang IC EMMC yang baru dengan solder. Semoga kalian berhasil memasangnya ya sob. Untuk cara melepas dan memasang memang perlu ketelitian ya sob tidak boleh gegabah atau asal-asalan karena berakibat kerusakan fatal yang lain.

Subscribe to receive free email updates: