Cara Memperbaiki HP Android Yang Konslet

Cara Memperbaiki HP Android Yang Konslet
Cara Memperbaiki HP Android Yang Konslet - Pernah mengalami hp yang mati ataupun masih hidup namun dalam keadaan panas yang tidak biasa, baterai cepat kembung walau sudah diganti baterai baru. Nah pada kasus ini bisa jadi hp anda mengalami konslet atau short. Kejadian ini tidak bisa dianggap enteng karena jika dibiarkan akan merusaka banyak komponen.

Sebaiknya perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan agar kalian tidak mengalami banyak kerugian termasuk untuk membeli baterai melulu. Pengecekan ini memang harus benar-benar dilakukan jangan sampai hp anda sampai rusak parah nantinya atau bahkan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terbakar karena kasus ini sangat sering terjadi.

Lalu bagaimana mengatasi permasalahan hp android yang konslet ini. Apakah kita bisa memperbaikinya sendiri?. Ya kalau kalian merasa mampu, mengapa tidak dicoba sendiri asalkan kalian memiliki peralatan yang memadai untuk mengecek jalur shortnya. Langsung saja tanpa berlama-lama lagi mari kita periksa kondisi hp anda, ikuti langkah-langkahnya.

Cara Memperbaiki HP Android Yang Konslet

1. Lepaskan cover belakang dan lepas semua baut pada hp Android anda.
2. Setelah baut dilepaskan. selanjutnya buka bodinya, gunakan alat khusus seperti pick gitar untuk membuka bodi yang terkunci.
3. Jangan lupa lepaskan satu persatu fleksible. Untuk hp yang memiliki fingerprint yang menempel di cover bodi sebaiknya kalian lepas terlebih dahulu sebelum melepas covernya.
4. Setelah seluruh fleksible, kamera terlepas dan pcb-nya baru ambil pcbnya untuk dilakukan pengecekan
5. Pasang konektor pcb dengan power supply output standar yaitu 3,7 volt. Kalau hp benar-benar mengalami short jarum penunjuk amper akan naik
6. Jika kejadiannya konslet secara total maka power supply akan mengeluarkan suara yang menandakan konslet melebih 1A. Untuk itu turunkan output voltase sehingga jarum amper turun mendekati 1A.
7. Tunggu dan raba-raba komponen pcb hp yang terasa panas
8. Jika kalian mendapati komponen yang panas maka dapat dipastikan ada short dibagian komponen itu. Sebainya kalian mengganti komponen baru jika tidak ingin kerusakan lebih parah apalagi hp anda sudah dalam keadaan mati total.

Jika anda belum mampu untuk mengatasi short atau konslet yang terjadi sebaiknya kalian bawa saja ketempat servis, bisa jadi hasil pemeriksaan kalian juga salah. Untuk mendapatkan tutorial yang lebih jelas kalian bisa melihat caranya di youtube.

Hp yang konslet bisa disebabkan banyak faktor misalnya karena air, kebanting dengan keras dan lain sebagiannya. Oleh karena itu lindungi lah hp anda dengan hardcase dan pelindung layar. Dan jika hp anda masuk dalam air jangan langsung menyalakan hp sebaiknya langsung lepas baterai dan angin-anginkan atau pastikan tidak ada air yang menggenang di dalam hp anda. Pastikan juga anda selalu menggunakan charger dan kabel USB yang asli dan tidak rusak.


Subscribe to receive free email updates: