Cara Memperbaiki IC Power HP Android Yang Rusak

Cara Memperbaiki IC Power HP Android Yang Rusak
Cara Memperbaiki IC Power HP Android Yang Rusak - Banyak kerusakan hp yang mati total karena IC Powernya rusak. Namun sebenarnya kita tidak bisa langsung memvonis kerusakan hp yang mati itu karena IC Power bisa jadi karena kerusakan software ataupun IC EMMCnya. Namun pada kesempatan kali ini kita memang akan membahas lebih jauh tentang kerusakan IC Power.

Sebelum kita membahas jauh tentang pengecekan dan perbaikan IC Power tersebut kita ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab IC Power smartphone bisa rusak. Penyebab kerusakan IC Power ini cukup banyak seperti, jaringan listrik saat charger tidak stabil. Bisa juga pengguna sering melakukan pengecasan menunggu baterai kosong betul atau baterai sudah penuh namun charger tidak dicabut. Charger yang bukan bawaan asli dari hp atau charger yang rusak bisa jadi penyebab yang fatal pada IC Power.

Selanjutnya dampak hp terbentur cukup keras sehingga terjadi gesekan antar jalur positif dan negatif, hp terkena air juga menjadi faktor kuat kerusakan IC Power. Jadi kalau kalian tidak ingin adanya kerusakan pada IC Power ini sebaiknya lindungi hp anda. Charger lah dengan charger asli yang masih bagus, lindungi dari benturan keras, kalau masuk air hp harus dimatikan terlebih dahulu dan pastikan tidak ada air menggenang dalam hp.

Untuk kasus ini kita bisa melakukan pengecekan pada hp Oppo Neo 5 yang sudah di diagnosa rusak IC Powernya. Kita buka seluruh bodi dari hp tersebut. Jangan lupa setelah melepas bodi lepaskan baterai, dan seluruh kabel fleksible yang terhubung ke mainboardnya. Karena kita harus mengambil mainboardnya untuk dicek jalur kelistrikannya.

Cara Memperbaiki IC Power HP Android Yang Rusak

Siapkan alat untuk mengecek jalur kelistrikan. Nah untuk pertama kita akan mengecek besarnya tegangan sebesar 1,1 volt. Selanjutnya kita cek tegangan yang besar 2,8 volt dan terkahir tegangan 1,8 volt. Setelah kalian melakukan pengecekan dan diantara ketiganya ada yang tidak tepat atapun tidak mengeluarkan tegangan berarti memang IC Power benar harus segera diganti.

Untuk melakukan penggantian ini kalian memang harus benar-benar mengerti dan gunakan alat yang memadai. Namun jika kalian tidak biasa kami sarankan dibawa ketempat servis saja. Jika kalian punya bakat dan serius dalam memperbaiki smartphone sebaiknya kalian ikuti kursusnya dan bisa jadi ladang bisnis anda.

Mungkin itu saja informasi yang kami bisa berikan kepada anda. Kesimpulannya setelah melakukan pengecekan seperti yang kami sebutkan diatas maka kamu baru tahu bahwa IC Power memang rusak dan harus segera diganti untuk biaya perbaikan tergantung jenis hpnya ya sob dan mungkin tiap tempat servis berbeda-beda.

Subscribe to receive free email updates: